PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL DRILL & PRACTICE

posted in: Artikel Ilmiah | 0

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui situs Online Learning ini, Mahasiswa mampu menjelaskan konsep Pembelajaran Berbasis Komputer Model dengan benar

Pembelajaran berbasis komputer model drills and practice adalah suatu model program pembelajaran yang disusun melalui latihan – latihan yang dilakukan berulang kali secara sistematis untuk meningkatkan keterampilan siswa pada saat belajar yang bertujuan untuk membantu siswa belajar mandiri, melatih berbagai indera siswa dan menciptakan suasana belajar yang baru.

TAHAP PENYAJIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL DRILL & PRACTICE

  • Penyajian masalah – masalah dalam bentuk latihan soal pada tingkan tertentu dari kemampuan dan performance siswa;
  • Siswa mengerjakan soal – soal latihan;
  • Program merekam penampilan siswa, mengevaluasi siswa, kemudian memberikan umpan balik; dan
  • Jika jawaban yang diberikan siswa benar, program menyajikan materi selanjutnya dan jika jawaban siswa salah, program menyediakan fasilitas untuk mengulangi latihan soal pada akhir keseluruhan soal.

Karakteristik pada drills and practice dalam pembelajaran berbasis komputer pada dasarnya merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penyediaan latihan-latihan soal yang bertujuan untuk menguji performancedan kemampuan siswa melalui kecepatan penyelesaian soal-soal latihan yang diberikan program CBI.

CIRI-CIRI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL DRILL & PRACTICE

  • Memberi kesempatan yang luas bagi peserta didik untuk melatih keterampilan yang diperolehnya,
  • memberi arahan yang jelas,
  • umpan balik yang tepat,
  • pembelajaran korektif dan program remedial,
  • memiliki asumsi bahwa informasi atau materi dasar sudah diperoleh peserta didik atau sudah diajarkan,
  • memiliki tujuan untuk memperkuat dan memberi penekanan pada jawaban yang benar, mengidentifikasi, dan memperbaiki jawaban yang salah,
  • memberi jawaban yang pendek dan cepat,
  • memberi perhatian terhadap satu atau dua keterampilan saja,
  • memiliki tingkat keluesan yang baik karena kemampuan komputer dalam mengelola suara, warna, animasi dan sebagainya,
  • memiliki kecepatan dalam memperoleh dan menyimpan data tentang kemampuan peserta didik,
  • memiliki kecepatan memilih permasalahan atau kekurangan yang muncul dalam belajar.

Tujuan setelah menjalankan program Drill and Practice ini peserta didik akan lebih terampil, cepat, dan tepat dalam melakukan suatu keterampilan Misalnya keterampilan mengetik, atau menjawab soal hitungan. Disini peserta didik dianggap sudah mengetahui teori yg mendasari keterampilan itu serta mengetahui cara/prosedur mengerjakannya. Jadi dalam Drill and Practice tidak ada bagian penjelasan, yang ada hanya sejumlah soal/pertanyaan dan “feedback”. Soal/pertanyaan-pertanyaan tersebut diberikan dalam suatu urutan/alur (“sequence”) tertentu

Menurut (Darmawan, 2012) adapun tahapan secara umum penyajian model drills and practice adalah sebagai berikut.:
penyajian masalah-masalah dalam bentuk latihan soal pada tingkat tertentu dari penampilan peserta didik, peserta didik mengerjakan soal-soal latihan, program merekam penampilan peserta didik, mengevaluasi dan kemudian memberikan umpan balik, jika jawaban yang diberikan peserta didik benar program menyajikan materi selanjutnya dan jika jawaban peserta didik salah program menyediakan fasilitas untuk mengulaingi latihan atau remediation,yang dapat diberikan secara parsial atau pada akhir keseluruhan soal.

Keuntungan dari penggunaan model drill and practice melalui komputer yaitu peserta didik/pelajar dapat memperoleh balikan atas respon mereka tanpa harus menunggu guru untuk mengoreksi respon tersebut. Selain itu, balikan diperoleh peserta didik dengan segera tanpa perlu menunggu sampai mereka membuat kesalahan yang banyak. Model ini akan menentukan kapan seorang peserta didik telah mengusai suatu konsep dan kemudian menempatkannya pada tingkat selanjutnya yang lebih tinggi (Padmanthara, 2012).

Menurut (Darmawan, 2012), kelebihan media pembelajaran Drill and Practice adalah: pembelajaran secara teratur, Adanya pengawasan, bimbingan dan koreksi yang segera diberikan oleh guru memungkinkan peserta didik untuk segera melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahannya, pengetahuan atau keterampilan siap yang telah terbentuk sewaktu-waktu dapat dipergunakan dalam keperluan sehari-hari, baik untuk keperluan studi maupun untuk bekal hidup di masyarakat kelak, metode ini memungkinkan kesempatan untuk lebih memperdalam kemampuan secara spesifik, dapat menambah kesiapan peserta didik dan meningkatkan kemampuan respon yang cepat.

REFERENSI

Darmawan, D. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Padmanthara, S. 2012. Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) dan Manfaat sebagai Media Pembelajaran. Tekno, I, 19-20.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *