Anda Plagiat? Inilah Software yang Dapat Digunakan Untuk Check Plagirisme

Dalam hal apa pun, kegiatan mengambil karangan, tulisan, jiplakan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain kemudian menjadikan hal tersebut seolah karya, pendapat dan karangan sendiri termasuk dalam kategori Plagiat atau Plagiarisme. Plagiat berasal dari bahasa latin Plagiarius yang memiliki makna mencuri karya orang lain. Seseorang yang  melakukan plagiat disebut sebagai Plagiator.

plagiarisme-iconKegiatan plagiat sendiri sebenarnya memiliki dua makna, yaitu plagiat dengan sengaja ataupun tidak sengaja. Plagiat dengan sengaja sebenarnya adalah tindakan kejahatan, sebab seseorang dengan sengaja mengambil karya orang lain tanpa mencantumkan sumbernya dan menganggap karya tersebut adalah miliknya. Plagiat tidak sengaja biasanya dilakukan oleh seseorang ketika seseorang membuat karya, namun sebenarnya apa yang dibuat atau ditulis itu pernah dilakukan oleh orang lain. Sebagai contoh, seseorang memiliki banyak koleksi buku dan telah membaca buku tersebut, kemudian orang tersebut menulis sebuah buku tanpa melihat koleksi buku lagi, seolah-olah apa yang ditulis itu merupakan buah pikirannya padahal apa yang ada dalam pikiran orang tersebut merupakan kolaborasi dan kumpulan ide-ide karya orang lain. Sehingga tanpa sengaja kita memebuat sebuah karya atau tulisan yang mirip atau sama dengan orang lain.

Dalam dunia akademik, agar seseorang dapat terhindar dari plagiarisme maka umumnya hasil penulisan karya ilmiah harus mencantumkan sumber kutipan asli. Walaupun penulisannya sama persis dengan karya orang lain, jika kita memberikan sumbernya maka seseorang akan terbebas dari kegiatan plagiat.

Nah berikut ini, berikut ini beberapa software online ataupun offline hasil eksperimen yang dapat digunakan untuk mengecek Plagiarisme.

  1. Viper (http://www.scanmyessay.com/)plagiat6Viper Plagiarism Scanner merupakan software yang 100% free alias gratis dan sangat ampuh. Software ini dapat digunakan secara online maupun offline. Untuk melakukan check plagiarisme, proses yang harus dilakukana yaitu download dan daftar serta aktivasi dulu. Proses cek membutuhkan waktu yang agak lama. Hasil scan penelusuran pagiat dapat diketahui melalui tiga tampilan layar, yaitu lokasi file yang sama, file asli dan perbandingan hasil plagiatnya. Software ini saya anggap sebagai software yang paling TOP BGT.
  2. Small Seo Tools.com РPlagiarism Checker  (http://smallseotools.com/plagiarism-checker/)plagiat1Small Seo Tools.com РPlagiarism Checker merupakan software untuk melakukan check plagiarisme secara online. Untuk melakukan check plagiarisme dapat dilakuakan dengan cara copy paste atau upload data berupa document dengan ekstensi *.docx atau *.txt. Selain itu alamat sebuah situs/ website juga dapat dilakukan pengecekan dengan memasukan alamat URL.
  3. Plagiarism Checker (https://www.plagiarismsoftware.net/)plagiat2Plagiarism Checker merupakan software untuk melakukan check plagiarisme secara online. Untuk melakukan check plagiarisme dapat dilakuakan dengan cara copy paste atau upload data berupa document dengan ekstensi DOCX atau TXT. Selain itu alamat sebuah situs/ website juga dapat dilakukan pengecekan dengan memasukan alamat URL.
  4. Plagiarisma (http://plagiarisma.net/)plagiat3Plagiarisma merupakan software online ataupun offline yang diguankan untuk melakukan check content duplicat (isi yang serupa). Software ini dapat dipasang sebagai plugin pada blog dan browser. Format file yang yang dapat dicek plagiarismenya  antara lain yang memiliki ekstensi TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, EPUB, FB2, dan PDB dengan cara upload file tersebut.
  5. CopyLeaks Plagiarism Checker (https://copyleaks.com/)plagiat4Software ini Free alias gratis dan ada tiga menu yaitu Bisnism, akademik dan website. Pada menu akademik kita dapat melakukan check plagiarisme dengan mengupload file dengan ekstensi PDF, DOCX, dan TXT serta alamat URL. Software ini berjalan secara online.plagiat9
  6. Essay Checker for Plagiarism (http://www.articlechecker.com/)plagiat5Essay Checker for Plagiarism lebih cocok digunakan ketika kita sedang menulis sebuah karya ilmiah secara online. Fasilitas yang dimiliki hanya memiliki fasilitas copy paste sebuah teks yang akan dicek persentase plagiarimenya. Software ini berjalan secara online sehingga membutuhkan koneksi internet. Lebih tepatnya jika kita akan menulis blog atau artikel dapat dilakukan cek plagiatnya menggunakan software ini.
  7. Dupli Checker (http://www.duplichecker.com/) plagiat7Dupli Checker merupakan software untuk melakukan check plagiarisme secara online yang Free alias gratis. Untuk melakukan check plagiarisme dapat dilakuakan dengan cara copy paste atau upload data berupa document dengan ekstensi DOCX dan TXT.
  8. Quetext (http://www.quetext.com/)plagiat8Quetextmerupakan software untuk melakukan check plagiarisme secara online yang Free alias gratis. Untuk melakukan check plagiarisme dapat dilakuakan dengan cara copy paste atau upload data berupa document dengan ekstensi DOCX dan TXT. Software ini sangat simple sebab kita tidak perlu daftar dan download, yang terpenting adalah koneksi internet yang stabil.

Nah, bagaimana. Jika kalian memiliki sebuah artikel dapat dicek dahulu persentase duplikasinya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *