Software terbaik untuk presentasi interaktif

Berbicara di depan audien tentu harus memiliki kemampuan atau skill khusus agar fokus perhatian audien tetap tertuju pada presenter. Jika kita hendak menyampaikan materi, baik itu sebagai tugas kuliah atau pekerjaan di kantor, maka kepuasan akan tercapai manakala hasil presentasi kita dapat diterima dengan baik atau memunculkan rasa kagum audien.

Dalam dunia pendidikan, seorang pengajar/ pendidik baik itu guru atau pun dosen hendaknya mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Pembelajaran akan sukse dan berhasil jika tujuan pembelajaran telah tercapai. Tentunya selama proses pembelajaran berlangsung, masing-masing pengajar / pendidik memiliki teknik dan metode yang berbeda. Salah satunya adalah teknik presentasi yang baik di depan peserta didik. Apalagi pembelajaran era baru menggunakan TIK sudah mulai familiar di kalangan kita. Nah, berikut ini ada beberapa softaware terbaik yang dapat digunakan sebagai tool untuk membantu presentasi anda. Apa saja itu?

  1. Slidedog (http://slidedog.com)slidedogDengan slidedog anda dapat berbagi presentasi kepada audien secara live dan realtime, selain itu anda dapat melakukan survey (jajak pendapat) secara interaktif dan memberikan umpan balik kepada audien. para audien atau penonton dapat mengikut presentasi anda dan ikut berpartisipasi aktif secara interaktif melalui web browser yang terinstalasi pada komputer/ PC, ponsel/ smartphone dan tablet yang mendukung. Anda juga dapat melakukan percakapan pribadi melalui obrolan pribadi. Tentunya software ini perlu anda coba! hebatnya lagi, software ini FREE,  he he he, sangat cocok bagi ukuran kantong kita.
  2. Presentain (http://presentain.com/)presentainPresentain merupakan salah satu tool yang dapat menjalankan jajak pendapat interaktif dan menggunakan smartphone Anda sebagai clicker presentasi, Presentain dapat dilakukan untuk merekam presentasi Anda sehingga Anda dapat berbagi dengan orang lain di kemudian hari. Fitur ini sangat bagus jika Anda ingin memperluas jangkauan presentasi Anda.
  3. Twiddla (http://www.twiddla.com)twidlla Twiddla merupakan salah satu tool yang bisa membuat Anda mengatur papan tulis interaktif dalam hitungan detik. Papan whiteboard Anda dapat terkoneksi/ sharing dengan audiens Anda secara interaktif . Siapapun dapat mengetik, posting gambar dan menggambar melalui papan tulis ini. Sofware ini sangat menarik untuk pertemuan kecil atau kuliah dan catatan presentasi.
  4. Kahoot (http://www.getkahoot.com)kahootKahoot adalah tool yang dapat  membuat sesi kuis dengan unsur kompetitif. Audiens Anda akan dihargai poin untuk menjawab kuis Anda, dan pemenang akan diungkapkan pada akhir sesi. Kahoot sangat cocok diterapkan pada dunia pendidikan untuk meningkatkan motivasi peserta didik.
  5. Visme (http://www.visme.co/)vismeVisme merupakan tool sederhana yang dapat digunakan untuk presentasi, infografik, konten sebuah web dan produk presentasi. Tool ini sangat cocok untuk mengisi konten web atau blog anda, sehingga tampilan web atau blog anda menjadi lebih menarik.
  6. Piktochart (https://piktochart.com/)piktochartPitochart merupakan  salah satu aplikasi online untuk membuat konten multimedia. Fitur, opsi dan peralatan menarik. Presentasi multimedia dan infografis dapat dibuat dengan menarik. Anda dapat memilih tema dan template dengan cara drag & drop daftar panjang objek untuk memperkaya konten multimedia Anda. Gambar dan videodapat melengakapi konten multimedia Anda.
  7. Easel.ly (https://www.easel.ly/)easely Tool ini dirancang khusus untuk anak-anak dan guru. Easel.ly memiliki banyak tema dan template yang menarik untuk dipilih. Tool ini sangat menarik dan interaktif untuk  presentasi multimedia dan infografis. Memiliki antarmuka pengguna yang agak sederhana yang  mempermudah bagi pengguna bahkan umum.
  8. Soundslides (http://soundslides.com/)soundlessBerbicara mengenai suara, sound slides merupakan tool untuk  membantu Anda bercerita dengan cara yang berbeda. Anda dapat menggunakan kombinasi gambar yang menarik dan latar belakang suara untuk menciptakan cerita pengalaman mengagumkan.  Anda memiliki pilihan untuk menyimpan presentasi sebagai video dan mempublikasikan mereka langsung ke situs seperti Youtube dan Vimeo. Antarmuka yang user friendly dari  sound slides ini memastikan bahwa Anda tidak menghadapi masalah dalam menciptakan slide multimedia Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menggabungkan gambar dengan file suara dan biarkan Suara Slides yang berkerja.
  9. Prezi (https://prezi.com/)prezziTool yang satu ini mungkin tidak asing bagi anda, yah Prezi mirip powerpoint namun berbasis vector sehingga ketika dizoom in dan zoom out grafisnya tidak pecah (kecuali gambar raster). Prezi dapat dengan mudah disebut sebagai salah satu pelopor dari presentasi multimedia modern. Tool ini mampu  membuat presentasi sangat menarik dan menangkap perhatian penonton. Tool ini familliar dan  sangat sederhana dan tidak mengharuskan user/ pengguna memiliki kemampuan merancang atau pemrograman. Anda dapat mengintegrasikan video, gambar dan segala macam konten multimedia dalam presentasi Anda menggunakan Prezi. Hal ini juga memberi Anda pilihan untuk mengimpor presentasi PowerPoint Anda.
  10. Amcharts (https://www.amcharts.com/)amchartTool ini mampu menciptakan grafik data yang sangat interaktif dan tokoh-tokoh yang dapat tertanam di halaman web baik sebagai statis atau real-time grafik data. Tool ini menawarkan berbagai macam tabel, grafik, angka dan teknik representasi data termasuk grafik serial, pie/ donat, radar/ polar dan grafik xy/ scatter/ bubble yang dapat digunakan dalam merancang presentasi menarik atau infografis menarik. Tool ini adalah FREE dengan antarmuka yang ramah pengguna yang sangat yang sangat ideal untuk pengguna awam.
  11. Ipresent (https://www.ipresent.com/public/)ipreserntIPresent adalah Tool untuk media presentasi dengan merancang alat yang memungkinkan Anda untuk menambahkan gambar atau video ke presentasi Anda yang  menarik bagi penonton. Anda juga dapat mengimpor presentasi PowerPoint dan memodifikasinya menggunakan berbagai macam pilihan editing. Presentasi dapat diterbitkan sebagai halaman Html dan dapat dimasukkan ke dalam situs web Anda dan blog.
  12. Cacco (https://cacoo.com/)caccoCacoo membantu Anda membuat diagram visualisasi yang menggunakan antarmuka pengguna yang sangat ramah dan mudah digunakan. Anda dapat menggunakan tool untuk membuat beberapa diagram seperti peta situs, wireframes, dan grafik jaringan. 

Nah, bagaimana? Semoga ulasan tadi dapat membuat kalian terinspirasi dan segera mencobanya sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *