LMS Terbaik Berdasarkan Survei

Sebagai seorang guru atau dosen yang sudah “melek” IT atau familiar dengan LMS tentunya sudah memiliki pengalaman dalam memanfaatkan salah satu LMS untuk kegiatan pembelajaran. Namun bagi yang belum pernah mencoba dan memanfaatkan LMS, rasanya tepat sekali Anda berkunjung di laman ini.

Kenapa? karena di sini akan saya mengulas tentang  LMS terbaik yang selama ini digunakan oleh banyak instansi/ lembaga ataupun perseorangan berdasarkan survei. Sebelum kita membahas LMS terbaik apa saja yang digunakan mereka, akan saya jelaskan dahulu tentang konsep LMS.

Apa sih LMS itu?

LMS adalah singkatan dari Learning Management Systems yaitu  sistem manajemen pembelajaran yang digunakan oleh lembaga akademis dan perusahaan untuk mengelola, melacak , memberikan kursus dan program pelatihan (http://www.capterra.com/learning-management-system-software).  Sedangkan menurut Edutechwiki (http://edutechwiki.unige.ch/en/Learning_management_system), LMS disebut juga dengan Course Management System/ Pedagogical Platform/ E-Learning Platform, yaitu sebuah sistem software yang mampu memberikan kursus ditambah dengan e-tutor/ les melalui jaringan internet. Sedang menurut Wikipedia, LMS adalah aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, program pembelajaran elektronik (e-learning program), dan isi pelatihan. Sedang menurut TechTarget (http://searchcio.techtarget.com/definition/learning-management-system), Aplikasi perangkat lunak atau teknologi berbasis Web yang digunakan untuk merencanakan, melaksanakan, dan menilai proses pembelajaran tertentu. Biasanya, sistem manajemen pembelajaran menyediakan instruktur dengan cara untuk membuat dan menyampaikan konten, memantau partisipasi siswa, dan menilai kinerja siswa. Sebuah sistem manajemen pembelajaran juga dapat memberikan para siswa dengan kemampuan untuk menggunakan fitur-fitur interaktif seperti thread diskusi, konferensi video, dan forum diskusi.

Sehingga kurang lebih dapat disimpulkan bahwa LMS merupakan sebuah sistem software/ perangkat lunak digunakan oleh lembaga akademis dan perusahaan untuk merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, melacak,  dan melakukan program pembelajaran elektronik (e-learning program) seperti pelatihan, kursus dan les/ tutor melalui jaringan internet.

Apa saja LMS terbaik itu?

Berikut ini LMS terbaik yang dapat dijadikan referensi untuk pembelajaran elektronik (e-learning) versi 7.0 Agustus 2016.

  1. Edmodo (www.edmodo.com)
  2. Moodle (www.moodle.com)
  3. Blackboard (www.blackboard.com)
  4. SuccessFactors (www.successfactors.com)
  5. SkillSoft (www.skillsoft.com)
  6. WizIQ Inc (www.wiziq.com)
  7. Cornerstone (www.cornerstoneondemand.com)
  8. Instructure (www.instructure.com)
  9. Schoology (www.schoology.com)
  10. TOPYX  (TOPYX.com)
  11. Brightspace (www.brightspace.com)
  12. Cypher Learning (www.cypherlearning.com)
  13. Latitude Learning (www.latitudelearning.com)
  14. Edsby (www.edsby.com)
  15. Litmos (www.litmos.com)
  16. Collaborize Classroom (www.collaborizeclassroom.com)
  17. DigitalChalk (www.digitalchalk.com)
  18. Docebo (www.docebo.com)
  19. eFront (www.efrontlearning.net)
  20. Educadium (www.educadium.com)

Top LMS Software

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *