E-Learning Menggunakan Edmodo, Solusi Pembelajaran Efektif

Seiring dengan mewabahnya jaringan listrik dan telekomunikasi yang semakin membuka tabir kegelapan, khususnya di sekolah yang jauh dari lingkungan perkotaan. Kehadiran gadget terutama smartphone menjadi salah satu indikator bahwa tidak ada lagi “daerah yang tertinggal” dan ketertinggalan teknologi, informasi dan komunikasi. Idealnya, ketika jaringan telekomunikasi sudah dapat dimanfaatkan dengan tepat maka pembelajaran pun dapat dioptimalkan. Salah satu pembelajaran yang dapat dijadikan inovasi untuk kegiatan pembelajaran adalah menggunakan e-learning berupa salah satu aplikasi online Edmodo. Satuan pendidikan yang telah mengoptimalkan pembelajaran dengan memafaatkan e-learning sudah dipastikan memiliki pengalaman yang menarik dalam kegiatan pembelajarannya. Edmodo dapat dilakukan diamanapun, baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah, bahkan untuk melakukan evaluasinya pun cukup efektif. Apalagi hampir tiap orang sudah mulai menggunakan smartphone, maka aksesnya pun menjadi sangat mudah.

Namun, seberapa efektifkah pemanfaatan edmodo bagi sekolah? Hal itu perlu dilakukan kajian penelitian di tiap-tiap daerah yang tentunya tidak akan sama hasilnya. Langsung saja kalau begitu, berikut ini saya tunjukkan tutorial bagaimana memanfaatkan edmodo.  Simak tutorial berikut ya!

E-Learning Edmodo dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dimana pengguna atau user dapat berperan sebagai guru (teacher), murid (student) dan orang tua (parent). Edmodo ini cukup lengkap dan mudah digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Edmodo dapat diakses melalui alamat https://www.edmodo.com/

Pilihlah salah satu akun yang akan dibuat sebagai guru (I’m a Teacher), sebagai murid (I’m a Student) atau sebagai orang tua (I’m a Parent). Jangan lupa sebelum mendaftar edmodo pastikan anda memiliki sebuah email yang masih aktif.

edmodo

Gambar 1. Tampilan halaman depan edmodo

Cara Mendaftar Edmodo Sebagai Guru (Teacher)

  1. Klik tombol I’m a Teacher
  2. Isilah alamat Email dan Password pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol daftar (Sign Up For Free) seperti pada gambar 2 dibawah ini.

    Gambar 2. Tampilan halaman daftar sebagai guru

  3. Kemudian isilah kolom identitas anda, Title (untuk gelar anda Mr, Mrs, Ms, atau ), nama depan (First Name), nama Belakang (Last Name), mengajar pada satuan pendidikan usia berapa (Grade – Prekindergarten/ PAUD, kindergarten/ TK, atau tingkatan yang lain), pilih salah satu wilayah subyek sesuai keinginan anda (Subject Area), dan upload foto ukuran maksimal 10 Mb, kemudian klik Next Step pada kolom yang telah tersedia seperti gambar 3 di bawah ini.

    edmodo1

    Gambar 3. Kolom Identitas

  4. Setelah kolom identitas diisi kemudian muncul tampilan gambar 4 seperti di bawah, kemudian klik tombol Go to My Homepage.

    edmodo2

    Gambar 4. Kolom Identitas

  5. Setelah selesai maka akan muncul tampilan halaman utama, seperti gambar 5. Biasanya anda akan disuruh melakukan verifikasi identitas (Verify Me) pada kanan atas halaman utama edmodo. Verifikasi ini bisa dilewati atau anda ikuti sesuai perintahnya yaitu mengisi formulir atau mengupload logo sekolah/ satuan pendidikan.

    edmodo3

    Gambar 5. Tampilan veifikasi

  6. Pilih salah Satu verifikasi Upload a verification form or photo ID atau Complete an online form. Misal anda bisa upload logo sekolah melalui form pada gambar 7.
    edmodo4

    Gambar 6. Tampilan Verifikasi ID

    edmodo5

    Gambar 7 Tampilan Upload ID

  7. Langkah selanjutnya adalah membuat kelas virtual, yaitu dengan mengklik tombol Create a Group. Isilah kolom nama kelas dan Grade serta Subjectnya, serta ganti warna simbol kelas. Kemudian klik Create, (Misal: Nama Kelas: Kelas Animasi A.4.1, grade: Higher Education, Subject: All) seperti gambar 8 di bawah ini.

    edmodo6

    Gambar 8. Tampilan Membuka Kelas Virtual

  8. Setelah selesai membuat kelas virtual, maka akan muncul kelas yang sudah kita buat seperti pada tampilan gambar 9 berikut. Perhatikan pada bagian kanan atas, disitu ada sebuah kode kelas yang perlu disimpan dan diberikan kepada murid (Student) untuk bergabung dengan kelas kita yang baru saja dibuat dengan cara klik Join pada akun murid.(contoh kode: r4u255)

    edmodo7

    Gambar 9. Kode Kelas Virtual

  9. Langkah berikutnya adalah kita dapat melakukan posting pada menu pilihan Note, mengerjakan Tugas pada menu pilihan Assignment, membuat kuis pada menu pilihan Quiz atau membuat survey atau polling pada menu pilihan
  10. Ekspolarilah dan optimalkan sendiri, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *