Tugas Animasi karya mahasiswa

tugas-mhasiswaAkhirnya setelah satu semester terlewati, sampai juga pada penghujung perkuliahan dengan membuat tugas besar atua tugas akhir berupa animasi singkat dengan durasi minimal satu menit saja. Setelah dikoreksi dan diperhatikan secara seksama serta dianalisis dengan melalui serangkaian pencarian data sebelumnya yang tersimpan atau terdatabase. Ternyata yang namanya mahasiswa itu memiliki banyak cara untuk mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Ada yang belajar dengan serius sejak awal memperhatikan dengan seksama bahkan kadang bertanya atau menghadang di jalan untuk bertanya tentang materi yang sudah dibahas, ada juga yang malu bertanya dan memilih bertanya kepada teman dekatnya saja, ada pula yang takut ketika ditunjuk atau ditanya oleh dosen yang bersangkutan, dan lain-lain. Pokoknya serba seru.

Namun sayang, ada juga beberapa mahasiswa yang memilih jalan pintas dengan minta dibuatkan oleh temannya atau lebih parah lagi, menggumpulkan tugas kakak tingkat yang dulu pernah dikumpulkan sebelumnya. Haduh…its oke sajalah. Mungkin itulah jalan dan resiko yang ingin mereka tempuh. Namun satu hal yang perlu dicamkan baik-baik, bahwa hal buruk seperti itu jika dilakukan berarti telah melakukan banyak kebohongan.

Kok kebohongan?
Iya tentu saja, lihatlah orang tua di rumah, lihatlah raut muka Ibu dan Ayah kalian!
Apakah kalian pernah membuat mereka bangga? mereka tersenyum atas prestasimu?
hanya kalian sendiri dan Tuhan yang mengetahuinya.
bayangkan ketika orang tua mengetahui bahwa kalian memperoleh nilai tinggi dan IP tinggi misalnya, pasti mereka akan senang. Lalu, bagaimana raut muka orang tua ketika mengetahui bahwa ada ketidakjujuran dalam mengerjakan tugas, ada cara-cara yang tidak baik untuk meraihnya, dan ada kemunafikan. Hmm… tentu orang tua akan sedih.

Lalu apakah masih mengharap dapat ilmu yang berkah?
Apakah ayah atau ibu meminta diri kalian menjadi orang yang pandai dan ber-IPK tinggi? Saya rasa itu nomor ke sekian. Yang paling diharapkan oleh orang tua saya rasa adalah kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kerja keras. Saya rasa kuliah menuntut kita tidak untuk kerja jadi apa, namun kuliah adalah wahana untuk mendewasakan kita dengan nilai-nilai agama dan norma yang baik supaya menjadi manusia dewasa yang memiliki hati yang baik dan pikiran yang rasional serta kritis.

Lho kok malah jadi ceramah ya.

Langsung saja juta ke TKP. Pada video tayangan berikut ini adalah tayangan video dari tampilan animasi karya mahasiswa yang saya anggap unik, inspiratif, kreatif dan menarik. Ada 8 tayangan animasi yang dikompilasi, apakah salah satunya milik Kamu?

Semoga dapat memberikan inspirasi bagi semua.
Don’t Forget Check this video!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *