Tari sambut sebimbing sekundang

tari-sebimbing-sekundangBagi warga negara Indonesia tentunya sudah mengetahui bahwa negeri tercinta ini memiliki keragaman khas budaya di tiap-tiap daerah. Nah, pada momen ini penulis baru saja menjadi salah satu panitia yudisium dan memiliki kesempatan untuk meliput salah satu tarian khas sumatera selatan tepatnya di Ogan komering Ulu yaitu Tari Sambut.
Tari sambut ini berasal dari Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Biasanya yang paling menonjol adalah tari sambut bagi tamu yang di agungkan dengan cara memberikan sekapur sirih. Seperti daerah lainnya, Ogan Komering Ulu (OKU) juga memiliki kesenian yang menjadi ciri khas tersendiri. Dengan diberi nama Sebimbing Sekundang, tarian ini memiliki makna dan pesan yang mendalam,baik bagi masyarakat setempat, penari, maupun tamu dan undangan yang melihat suguhan tarian ini.

Tari Sembimbing Sekundang memiliki makna berjalan bersama atau seiring dan saling membantu. Pesan-pesan itulah yang terus disampaikan dan dilestarikan melalui gerakan tarian. Tarian ini selalu disuguhkan dalam penyambutan tamu-tamu kehormatan yang berkunjung di daerah ini.

Tari Sebimbing Sekundang diciptakan Z Khusni Karana yang juga koreografer profesional Sumsel. Tarian ini diperagakan baik di dalam gedung maupun tempat terbuka. “Banyak makna yang terkandung, salah satunya toleransi dan kebersamaan,” ungkapnya. Tepak atau pengasan merupakan sarana utama tarian ini yang berisikan beberapa lembar daun sirih segar dan beberapa lipat daun sirih yang telah diracik dengan getah gambir, sehingga siap disuguhkan kepada tamu kehormatan sebagai tanda penerimaan dan pengakuan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Gerak tarian, pakaian, dan musik pengiringnya merupakan perpaduan dari gerak, pakaian, dan musik tari-tari tradisional dari berbagai kecamatan dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu sehingga tergambar moto “Bumi Sebimbing Sekundang”yang berarti berjalan seiring dan saling membantu dan melaksanakan sesuatu untuk menggapai keberhasilan.
dikutip dari http://budaya-indonesia.org/Tari-Sebimbing-Sekundang/

Berikut ini contoh tari sebimbing sekundang yang diperagakan oleh sanggar seni cita bangsa Universitas Baturaja pada saat pelaksanaan Yudisium XIV tahun 2015 pada tanggal 13 Januari 2015 di Gedung Kesenian Baturaja, OKU, Sumsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *