Kepelatihan Guru Kreatif dalam Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif

pemateriPada hari Minggu, 28 Desember 2014 di Laboratorium Komputer Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja, telah dilaksanakan pelatihan guru kreatif dalam membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif yang membahas tentang bagaimana seorang guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran. Apa saja yang di butuhkan seorang pendidik untuk memanfaatkan TIK dalam Pembelajaran? dan Bagaimana membuat multimedia interaktif?

Narasumber utama dalam kegiatan ini adalah penulis sendiri yaitu Arief Qosim. Kegiatan ini dihadiri dari kalangan umum, guru dan mahasiswa yang berjumlah 19 orang. Materi yang disampaikan secara garis besar antara lain, pemanfaatan aplikasi presentasi dengan Microsoft Office Powerpoint dan Prezi, juga pembuatan game interaktif dengan Adobe Flash CS 6. Membuat multimedia interaktif dapat dilakukan dengan berbagai macam aplikasi, namun yang paling penting, untuk dijadikan panduan utama ketika membuat multimedia interaktif adalah:

Navigasi dan kontrol video/audio
Navigasi dan kontrol halaman
Kontrol tombol/menu/link
Kontrol animasi
Interaksi/ Respon-feedback
Kontrol Drag and drop
Kontrol simulasi
Kontrol game/ permainan

dalam pelatihan tersebut dijelaskan secara panjang lebar. Peserta juga diminta untuk membuat karya berupa game yang dirancang dengan Adobe Flash CS 6.

panitia-dan-pemateri peserta-pelatihan

 foto-bersama-peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *