Information and Communication Technology (ICT)

ict

Information and Communication Technology (ICT) dalam bahasa Indonesia bisa disebunt dengan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Menurut Prasojo & Riyanto (2011:4), Teknologi informasi adalah ilmu pengetahuan dalam bidang informasi yang berbasis komputer dan perkembangannya sangat pesat.

Sedangkan menurut wikipedia, TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

Lebih lanjut Rusli (2012:7) menyatakan bahwa teknologi informatika didefinisikan sebagai aplikasi-aplikasi teknologis (artefak) terhadap informatika dalam masyarakat. Sedangkan teknologi informasi dan komunikasi atau ICT didefinisikan sebagai kombinasi antara teknologi informatika dengan teknologi–teknologi lainnya yang terkait, khususnya teknologi komunikasi.

Jadi dapat dikatakan bahwa Information and Communication Technology (ICT) atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media dengan mengkombinasikan antara teknologi informatika dengan teknologi-teknologi lainnya, khususnya teknologi komunikasi.

 

 

Sumber:
Prasojo & Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
Prihanto. 2010.  Kajian Pemanfaatan Satelit dalam Mendukung Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Tele-education. Jakarta: LAPAN

 

 

Rusli. 2012. ICT dan Pembelajaran. Jakarta: Referensi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *